Senin, 29 September 2008

Teh (Jamur) Kombucha

Teh Kombucha ini sudah saya konsumsi selama 2 tahun. Pertama kali saya tahu informasi tentang teh ini dari teman kantor. Sebenarnya nama 'Kombucha' ini sudah sudah saya baca sebelumnya di majalah 'Intisari' (lihat blog sebelum ini) edisi Desember 2004, trus baru sekitar 2 tahun kemudian baru saya lihat dan saya coba.

Ternyata banyak khasiat dari minum teh kombuchat ini: Maag, Diabet, Keputihan, Melancarkan be-a-be, membersihkan jerawat, daya tahan tubuh, dll, dll.. Artikelnya sudah saya kumpulkan dari beberapa sumber di internet. Anda dapat mendownloadnya di sini.

Rasanya?
mmm.. Pernah nyobain cuka apel 'Tahesta'? Nah... mirip banget rasanya. Apalagi kalau proses fermentasinya diperlama sampai 3 minggu, mirip banget! Asem-asem segar! ;p


Teh ini saya kasih ke bapak saya, dan ternyata bapak saya suka banget dengan teh ini dan produksi banyak-banyak; promosi ke orang-orang dan memperbanyak jamurnya. Beliau sendiri sekarang sudah berumur 73 tahun, tapi kondisi badannya masih sangat fit. Terbukti dengan fungsi seluruh organ tubuh yang masih sangat baik dan rutinnya mengikuti perkumpulan lintas alam BHHH2 dan Pola HHH (cross country naik turun gunung) 3x dalam 1 minggu: Selasa-Rabu-Jumat. Sampai-sampai bapak saya dijuluki orang "Aki-aki bedegong" atau "Aki-aki teu uyahan", hahaha...

Kalau ada yang butuh jamur kombucha, coba email aja ke saya dan saya akan mengupayakan jamurnya. Saya sendiri sih karena kapasitas kulkasnya kecil, jadi hanya bikin secukupnya saja.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

wah . boleh tuh jamurnya kayaknya , jadi pengen nyoba.. boleh dong kasih tau caranya .. gimana ..
btw .. aku ruly , anak qcollege ..

Arsenius mengatakan...

Hi Ruly, pa kabar?
Minal Aidin walfaidzin!

Sebenarnya sih gampang banget! Bikin aja teh manis seperti biasa, tunggu sampe dingin/hangat2 kuku. Trus masukin deh jamurnya. Diamkan selama 1-2 minggu. Jadi deh..

Elu dimana sekarang? Kalo di Bandung, ntar kita janjian ketemu, trus gua kasih jamurnya ya? No. HP berapa? Gua: 08122150246.

Anonim mengatakan...

Alo , mohon maaf lahir bathin ya ,
mm .. keliatan nya gampang ya , tapi beneran aku pengen nyoba , akhir2 ini aku tertarik sama obat2 alternative, nah yang ini aku blom coba.
tapi ngomong2 harganya berapa tuh, mahal ngga :)
skr aku tinggal di singapore . mm .. nanti bisa janjian kalo aku pas balik atau kalo bisa di kirim kesini sih , aku seneng banget , nanti aku ganti ongkos kirimnya. mm .. tapi mau nanya dulu harganya berapa..
no hpku +6590141050

Arsenius mengatakan...

Wah, berani bayar berapa? hehehe...
nggak koq.. just kidding!

Nggak tau orang lain jual berapa, tapi gua sih mo ngasih gratis aja.. Ntar gua kasih jamurnya & teh yg udah jadi buat bibitnya. Dari situ tinggal dikembangin aja.

Oh tinggal di singapore ya? Koq bisa? Gawe apa disana?

Kabar-kabari deh kalo pulang kampung, ntar kita ketemuan. Klo ngirim ke Singapore barang cair, nggak tau bisa / nggak ya? Blom pernah soalnya.

Anonim mengatakan...

ya tetep koding koding juga,gawe nya mah, tapi selain gawe sambil nerusin kuliah juga koq, pusing euy ngga lulus2 , hehe,
yo wiss , nanti kalo balik ,aku hubungin ya,
siip , tengkiu ya ..