Rabu, 30 Juli 2008

Aplikasi Gratisan

Karena kantor lagi sibuk-sibuknya berbenah diri dengan program yang berlisensi, maka menit-menit kosong juga disibukan untuk mencari aplikasi gratisan pengganti aplikasi terkenal yang harganya selangit.

Untungnya ada Uncle Google. Googling sebentar, udah dapet banyak link-link yang menawari aplikasi gratis. Karena nggak punya banyak waktu untuk menelaah mana aplikasi yang bagus, baca referensi orang sekilas, download... install... baru putuskan, cocok nggaknya dengan kebutuhan di kantor.

So far ada beberapa sih yang lumayan kepake. Sayangnya gua belum dapet pengganti aplikasi seperti: Visio, Photoshop dan Corel. Memang ada banyak sih.. Misalnya pengganti Visio ada: Flow 4, Dia dll, tapi ternyata mereka nggak bisa convert extension .vsd. Menurut mereka sih format visio itu tertutup, jadi mereka nggak bisa mengconvert file tsb. Malah ada badan yang mau ngasih duit ratusan ribu USD bagi siapa yang bisa berhasil mengconvert .vsd ke aplikasi mereka.
Lain lagi dengan Photoshop. Ada aplikasi yang terkenal seperti Gimp, tapi juga ternyata nggak sedetail Photoshop. Yaah.. kalo gua sih karena nggak butuh yang sedetail itu, kepake aja.. tapi bagian design complain berat kalo pake Gimp.

Ada lagi aplikasi portable, yang katanya bisa dijalankan langsung di USB. Jadi programnya diinstall di USB dan menjalankan data yang ada di harddisk. Creative juga ya orang-orang.. udah mulai di-download sih, mungkin dalam beberapa hari ini kita trial.

Singkat kata, pencarian masih terus dilanjutkan.. Kalo memangnya nggak ketemu, ya terpaksa deh keluar extra cost buat beli software yang origin..

Tidak ada komentar: